Subscribe Twitter

Selasa, 29 Oktober 2013

Hasil Career Matching

Sekitar satu minggu yang lalu saya mengikuti tes career matching dari Skill Institute. Laporan yang dapat adalah seperti di bawah ini. Reaksi pertama saya sewaktu melihat hasilnya adalah kaget. Kemampuan soft skill saya benar - benar harus ditingkatkan. Dan, saya sepertinya salah jurusan, hehe.. 


Melihat kelakuan dan kegiatan saya di rumah, orang tua saya berpendapat, telah mengirimkan anaknya pada sekolah yang salah. Maybe yes, Maybe no. Saya pun bertanya-tanya. Apa benar tes seperti ini dapat mengungkap bakat dan kemampuan dalam diri saya? Bukankah, you are what you think? 

Bidang kerja yang disarankan untuk saya semuanya desainer. Dalam teknik informatika juga ada bagian desainnya, desain software. *ngeless abiss..

"Hidup adalah keindahan"

Salam,

Dwityaning

Minggu, 30 Juni 2013

Lelucon dari Reader's Digest Indonesia

Ketika merayakan ulang tahun perkawinan ke-30, sang suami berkata kepada istrinya, "Selama 30 tahun perkawinan kita, saya penasaran kenapa kamu tidak pernah marah sekali sekalipun kepada saya. Bagaimana caramu bisa tetap sabar dengan suamimu yang pemarah ini?"

"Aku membersihkan kamar mandi, Mas," jawab si istri.

"Jadi hanya dengan itu kamu bisa meredam amarahmu kepadaku? Bagaimana mungkin?"

"Aku membersihkan kamar mandi menggunakan sikat gigimu, Mas,"
Antono N. Purnomo, Redaktur Eksekutif

Lelucon ini saya dapat dari Reader's Digest Indonesia Edisi Januari 2010. Entah kenapa menurut saya ini yang paling lucu diantara yang lain :P Membayangkan ada yang menggosok kamar mandi dengan sikat gigi karena kesal, saya jadi tertawa sendiri. Sepertinya ampuh untuk balas dendam. Tapi, eiiits tidak boleh.. tidak boleh.. *geleng-geleng kepala

Sabtu, 29 Juni 2013

Sabar


Obrolan singkat  dengan chatbot simsimi :P 
www.simsimi.com/talk.htm

Minggu, 23 Juni 2013

Cari Mami


Alhamdulillah masih diberi kesempatan bertemu ibu tersayang.. obat kangen setelah beberapa bulan tidak bisa pulang ke rumah orang tua.

Ahad, 23 Juni 2013
"heh, smlm smsaan terus sama ibumu. kangeeen ya?" ledek teman ibu saya "pasti semalam ngerasanya lama banget, kug nggak pagi-pagi. terus bangun-bangun langsung cari mami ya?" lanjut beliau.

Sodara-sodara.. itu betul sekali pernyataannya hehe..

Syukur alhamdulillah dan terima kasih buat teman-teman ibu (Bu Prapti, Pak Har, Bu Kris, Bu Sum, Bu Wiwiek, Pak Kardi dan istri, Pak Rosyid, Pak Karjono, dan satu lagi maaf lupa namanya tapi ingat kug :P) yang sudah mengerti kalau "ada anak ingin bertemu ibunya"

Jumat, 24 Mei 2013

Donor Darah

Idul Fitri tahun kemarin, sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, setengah hari kami habiskan di PMI. Asal muasalnya sewaktu keluarga saya bersilaturahmi ke salah satu saudara, rumah saudara saya ini sepi, gelap, cuma ada Bu Dhe saja dengan raut muka yang ketakutan. Setelah bercakap-cakap sedikit dengan Bu Dhe, barulah kami mengerti, menantu Bu Dhe sedang dirawat di rumah sakit sehingga anggota keluarga yang lain juga di sana. Menantu Bu Dhe yang sakitnya parah ini perlu tranfusi darah. Anggota keluarga yang lain sudah diambil darahnya dan untuk hari ini tidak bisa lagi diambil darahnya. Hari ini bagian Bu Dhe mendonorkan darah. Karena sebelumnya belum pernah donor darah, beliau takut. 

Kakak saya memutuskan untuk menggantikan Bu Dhe. Orang tua saya cukup kaget karena ternyata anak kesayangannya ini, anaknya yang ngga tahan sakit, sudah pernah donor darah. Ketika di PMI, kakak saya berkata.
"Dek, kalau  donor darah nanti bisa tambah berat badannya lho"  (dia tau saya berencana menambah berat badan)
"Ooh, jangan-jangan ini termasuk sedekah ya? makanya kembali 700 kali lipat" (sambil melihat badan kakak saya yang overweight)
peace.. takut kualat


Kamis, 02 Mei 2013

Orange Ochre

Akhir-akhir ini sering berpapasan dengan orang-orang yang memakai kerudung/baju warna orange ochre.. Kenapa saya sebut orange ochre? Sebenarnya gara-gara baca di Koolastuffa, Dark Blue and Ochre. Contoh warna orange ochre itu seperti kaos koolastuffa yang sebelah kiri.. Atau garis serupa orange di gambar pouch koolastuffa. Maaf pinjam gambarnya ya mbak koola..

Apa merebaknya warna orange ochre ini ada kaitannya dengan tren di barat? Tren warna 2012 dari PANTONE itu orangey, warna tangerine tango. Nah sekarang itu tahun 2013. Menurut  berita dari majalah SWA, perlu waktu sekitar 8 bulan produk fashion yang tren di AS atau Eropa masuk dan menjadi trend di Indonesia.

Antara orange ochre dan tangerine tango, sama-sama orange, tetapi sebenarnya tidak sama persis. Orange ochre 'feel'-nya earthy, hangat. Sementara tangerine tango segar, lezat, rasa jeruk/pepaya.

Jika tren warna dari PANTONE berpengaruh ke Indonesia, mungkin beberapa saat lagi banyak yang  memakai warna emerald.



kaos koolastuffa



pouch koolastuffa



Contoh busana warna tangerine tango karya desainer Elie Tahari



Sketsa desain Elie Tahari (kiri atas) - sketsa Adrienne Vittadini (kanan atas) - obyek warna orange ochre di sekitar kampus IT Telkom



Kamis, 25 April 2013

Gift


"14 tahun telah berlalu sejak kamu lahir. Untuk itu aku ingin mengucapkan selamat. Bukan untuk jumlah tahun yang kamu lalui, tetapi untuk kesempatan yang diberikan Allah SWT sampai sekarang dan pengalaman yang kamu alami. Semoga dengan bertambahnya umur kamu lebih bijaksana dan tabah dalam menghadapi hidup ini"
Ucapan selamat dari kakakku ini yang bertahan paling lama, masih disimpan sampai umur 23 tahun. Makasih kk..

Jumat, 05 April 2013

Garuk Sendiri Gatal Lo!

Sempat galau, guling-guling di tempat tidur.. Sebagai mahasiswa tingkat akhir, setelah lulus kuliah itu selayaknya harus bisa mandiri. Tepuk tangan buat teman-teman yang belum lulus tapi sudah bekerja atau punya usaha sendiri :) Saya baru memulai setelah lulus, terima kasih buat ayah dan ibu yang telah menanggung saya sampai setua ini hehehe..

Bingung. Di kepala saya pun beterbangan kalimat-kalimat seperti ini : Apakah nanti saya harus bekerja sesuai disiplin ilmu saya? Bagaimana jika pekerjaan yang menjadi tanggung jawab saya nanti tidak sesuai dengan panggilan jiwa saya? Bagaimana jika saya ingin belajar hal lain? Apakah menyalahi prinsip spesialisasi? Mengapa saya lihat orang-orang yang bekerja tidak bahagia? Mereka seperti terkekang kebebasannya. Welcome to the real world!



Tanggal 7 maret 2013, saya mendapat penawar kegalauan ini. Jawaban pertanyaan-pertanyaan saya ada di seminar Telkomsel Campus Inspiration. Benar-benar nggak nyangka, soalnya daftar seminar itu kemarin cuma iseng, ikut-ikutan, bahkan nggak tau posternya, isinya nanti apa. Makasih banget buat penyelenggara Telkomsel S.I.P Campus Inspiration. Terima kasih untuk Ligwina Hananto, Rene Suhardono, dan Yoris Sebastian. Baru kali ini saya ikut seminar dan ga sempat merasa bosan, padahal  @mrshananto @reneCC dan @yoris berbicara selama 2 jam.

Apa yang saya dapat, masih tetap lebih baik disampaikan sendiri oleh @mrshananto @reneCC dan @yoris. You can go buy their book. Beberapa kalimat yang membekas di ingatan itu :
  1. Garuk sendiri gatal lo! Ini motto dari mbak wina. Pinjam mottonya buat jadi judul. Kalo kita ngerasa gatal, kita sendiri yang harus garuk kan? Kalo masih bingung passion-nya di mana, kita sendiri yang tau, harus mencari dan mencari. Masa' panggilan jiwa kita disuarakan orang lain. Di seminar itu juga, dikatakan bahwa di negara Indonesia ini, biasanya kita sudah tau ada masalah, tapi nunggu orang lain yang beresin. Sekali lagi satu makna, kalau ngerasa ada yang gatal, harus kita sendiri yang garuk. filosofis betul. Semoga nggak salah tangkap maknanya, bagaimana menurut anda? (baru bisa omong doang, belum ngerti juga gimana caranya terjun langsung, mungkin ini pr selanjutnya yang harus saya cari jawabannya) 

  2. Kaidah 10.000 jam. Baru tau, ternyata sudah banyak sekali yang membicarakan hal ini di internet. Untuk mendapatkan keahlian tertentu, usahakan untuk konsisten selama 10.000 jam memberikan kontribusi. Mungkin yang followernya banyak di twitter salah satu alasannya adalah konsisten nge-twit dan berkontribusi mencapai 10.000 jam, maybe.. *pikiran nyeleneh

  3. Your Job is not Your Career. Pasti udah sering dengar hal ini. Ternyata ini judul bukunya @reneCC. Ini kutipan dari situs lain yang bahas YJINYC, "Job hanya mencakup tujuan institusi, pembagian kerja, dan kompensasi. Sedangkan Career mencakup Passion (hasrat), Purpose of Life (Tujuan Hidup), Value (Nilai) dan Happiness (Kebahagiaan)." 

  4. Tips menerima pekerjaan. Clarity, Support System, Accountability. Clarity, jelas job description-nya. Support System, dikisahkan, jika bos memberi pekerjaan dan bawahannya tidak bisa menyelesaikan, dan hal itu memang di luar kemampuan bawahannya, berarti tidak ada support system di organisasi tersebut. Artinya luas, sulit diwujudkan dalam kata-kata. Accountability, jujur waktu disampaikan saya masih nggak ngeh.. Help me..

  5. #KerjaKaryaKreasi   di tulisan ini @reneCC udah cerita panjang lebar, Now is the Time to Reinvent the Way We Make A Living. Tulisannya yang lain juga menarik,  Ultimate-U. Saya akan berusaha membacanya semua, @reneCC

  6. 70% - 20% - 10%  @yoris memaparkan, takaran tersebut adalah yang biasa beliau gunakan untuk membagi waktu.   70% untuk mengerjakan rutinitas, tanggung jawab, bekerja.  20% untuk mengerjakan hal yang disukai. (syukur syukur hal yang 20% ini suatu saat menjadi 70%, hidup dari hal yang disukai) 10% untuk melakukan hal-hal yang sensasional. Contoh hal sensasional , disebutkan sewaktu @yoris masih bekerja di Hard Rock Cafe, beliau pernah mencetuskan program I Love Monday. Tujuannya adalah agar artis tanah air menjadi tuan di negeri sendiri (mempopulerkan artis lokal). Kebiasaan Hard Rock Cafe sebelumnya adalah mendatangkan band-band luar negeri sekelas Bon Jovi atau Michael Learns to Rock. Sensasional karena biasanya  acara hiburan  diselenggarakan pada weekend tetapi  acara live music I Love Monday diselenggarakan pada hari senin dan  berhasil  menarik banyak orang seperti waktu weekend. @yoris berpesan hal sensasional dilakukan dengan  biaya  dan waktu 10% saja, sehingga bila gagal tidak banyak berpengaruh. 

  7. Oh ya, satu lagi pesan dari @yoris yang saya ingat. Dikisahkan pemilik armada Blue Bird adalah seorang dokter. Tipe crossover, right?! Beliau menerapkan prinsip-prinsip kedokteran dalam menjalankan bisnisnya, misalnya menjaga  kebersihan, jika pegawainya terlambat didiagnosa dulu, kenapa terlambat? hehehe terus dicarikan solusinya.  Disiplin ilmu yang  pernah ditekuni ibarat sidik jari, itu yang akan membuat kita unik. Begitu kata @yoris. Tahaaan, tahan, tahan. Endure it! (yang ngerasa salah jurusan) Ayo lulus dulu , baru kemudian #kerjakaryakreasi !

  8. Sisanya berapa? Kata-kata mbak wina. Mau gaji 1.500.000 atau 150juta. Coba tanya, sisanya berapa? Kalau sisanya sama-sama 100rb di rekening tabungan berarti sama saja. Pesan mbak wina adalah biar pandai-pandai mengatur uang. Satu tips dari website perusahaan qmfinalcial mbak wina,   A Sustainable Lifestyle.

  9. Financially RewardingIntellectually GrowingInfluence to Other. Career yang dicari aaaak!
Mohon dikoreksi bila ada yang salah.. Selamat merangkai puzzle kehidupan

Rabu, 20 Maret 2013

Sekali-kali Puitis

Praaaaaang!
aku jatuh
aku boneka porselen
yang jatuh terjungkal karena kebodohan sendiri
patah terserak, rusak, retak
bekas luka di sekujur tubuh dan wajahku

aku ingin pulang
memperbaiki diri
sebelum semakin hancur menjadi debu
dan menjadi pilihan terakhir

sepertinya suram
tapi jalan pulang
justru yang akan membawa ke tujuan
percaya padamu

sungguh bukan salahmu
aku jatuh bukan karenamu
kata penakut ini
biar kutanggung derita di depan
sendiri
dalam diam

Selasa, 12 Maret 2013

Keturunan Siapa

Suatu hari, kakak, yang percaya banget sama gurunya, bilang ke ibu..
S : Ibu, bapak masih keturunan sunan ***%s.
I : humm..
S : Tapi, kalo diterawang sama guru X, ternyata lebih mencorong garis keturunan dari ibu.
I : Ya iya lah.. Bapak kan entah keturunan ke berapa dari sunan ***%s.
S : terus?
I : Kalo ibu itu anaknya sunan, SUNANTI.

hehehe itu nama nenek saya asli. Yes my mom always funny, love you :)

Senin, 04 Maret 2013

Si lebah : Gigih atau Bodoh?


video

Merasa iba, sedih, kasihan, setiap pagi menyaksikan banyak lebah yang mati di sekitar lampu dan di kamar mandi. Kurang lebih seperti di video di atas, si lebah yang tak kenal lelah mencoba mengikuti cahaya, meski ada penghalang, TERJANG TERUSS!

Ini bodoh atau apa.. Si pasukan berani mati ini seakan-akan mati konyol. Begitulah dia. Gigih atau Bodoh? Dia membentur-benturkan dirinya. Jatuh, lalu dengan sigap kembali bangkit. Apa dia tau ada yang namanya rasa sakit? Mungkin jatuh, menyerah, sakit, tidak ada dalam kamusnya. Sampai dengan dia melemah, langkahnya tertatih, cuma satu yang dilakukannya, mencoba terbang lagi.

Sampai pada suatu hari, ayah mencoba panen madu.. Karena sarangnya diambil sebagian, lebah-lebah itu pun keluar kandang. ternyata kawanan lebah itu berisi banyaaak sekali.. Belum pernah melihat lebah sebanyak itu mengerumuni lampu-lampu depan rumah.

Oh ternyata, masih banyaaak sekali teman-temannya yang masih hidup dan berjuang bahu-membahu. Memang ada yang mati, tapi toh akhirnya kawanan lebah ini berhasil. Dan, kegigihannya berbuah manis, menghasilkan madu yang sangat bermanfaat. Mungkin lebah adalah simbol pahlawan.

maaf minta dikit madunya ya :P

Jumat, 22 Februari 2013

Porsi dan Makanan Golongan Darah B

I just realized one thing.. and it can be everywhere. Mulai dari soal makan, nulis resume kuliah, belanja. Dia selalu ada. Dia adalah "porsi".

Suatu hari saya dan teman-teman bertemu teman yang menilai tugas resume kuliah Kapita Selekta. Mulailah satu per satu menanyakan nilai masing - masing. Dan TERNYATA!!! Nilai kami tidak ada yang 'perfect'. Teman saya yang menilai berkilah, "Ada kug yang nilainya perfect, si ini nih (sebut nama)."
"Kenapa resume punya dia bagus?"
"Punya dia lengkap, ada kesimpulan sama ide risetnya."

Alright, emang resume tya biasanya semuanya isi, dua lembar A4 diisi dengan pendahuluan yang panjaaaang dan disertai isi sampai titik terakhir, hehe. Kemudian saya sendiri menyimpulkan, resume yang bagus itu pas komposisinya. "Porsi"-nya untuk pendahuluan, isi, kesimpulan, dan penutup adalah seimbang.

"Porsi" dalam hal lain, misalnya soal makan. Berapa kali makan daging, sayur, buah, ikan? Sebenarnya banyak pendapat tentang hal ini. Kali ini tya mau coba pendapat Bapak J. D'Adamo, diet golongan darah B. hehe judulnya diet, tapi beneran nggak ada maksud buat nurunin berat badan. Tujuannya pengen sehat, semoga efeknya berat badan bisa ideal (nambah).

Sebenarnya agak sulit kalau harus sama persis kayak aturan di tabel di bawah ini. Susah buat anak kos, takut dompet jebol hehehe.. Makan buah 3-4 kali sehari. hahaha sehari sekali aja udah 'sesuatu'. Kalau hemat saya, minimal dari pemilihan bahan makanan yang berubah. 

Saya doyan banget ayam, jagung, tahu tempe. Ternyata itu semua masuk kategori dihindari kalau untuk golongan darah B. Dihindari bukan berarti nggak makan itu sama sekali. Boleh sesekali makan tapi tidak boleh dijadikan rutinitas. Misalnya : makan ayam jadi seminggu sekali saja hehe. Kalau mau maksimal dietnya seharusnya pilih bahan makanan yang ada di kolom sangat bermanfaat, bahan makanan tersebut kalau bereaksi dengan darah akan berfungsi sebagai obat *katanya sih. Hihi tapi mbah saya yang alhamdulillah masih sehat sampai sekarang selalu menganggap semua makanan adalah obat. Sampai sekarang nggak ada makanan yang jadi pantangan buat beliau.

Bismillah jadi sehat ya :D

Tabel bahan makanan golongan darah B
Kategori Porsi Frekuensi Sangat Bermanfaat Netral Hindari
Daging dan unggas 2-5 ounce* mingguan
0-2 kali
daging kambing, kelinci daging sapi, kerbau, hati daging asap, ayam, bebek, burung dara
Makanan Laut 4-6 ounce mingguan
3-5 kali
ikan salem cumi-cumi, tuna keong, kepiting, belut, lobster, udang, siput, tiram
Telur dan Produk Susu Telur 1 butir
keju 2 ounce
susu dan yoghurt 4-6 ounce
mingguan
Telur 5-6 kali
keju 2-3 x
susu 1-3 x yoghurt 2-3 kali
kefir, susu sapi, susu kambing, yoghurt telur ayam, keju cheddar telur bebek, telur puyuh, es krim
Polong-polongan 1 cangkir mingguan 5-7 kali
-
kacang buncis, kacang merah kacang hijau, kacang kedelai, sereal soy flakes, susu kedelai, tempe tahu
Sereal, roti, pasta setengah cangkir mingguan 5-9 kali kue beras, susu beras, bubur gandum oat roti beras, tepung beras sereal jagung, tapioka
Polong-polongan 1 cangkir mingguan 5-7 kali
-
kacang buncis, kacang merah kacang hijau, kacang kedelai, sereal soy flakes, susu kedelai, tempe, tahu
Sayuran 1 cangkir harian
3-5 kali
beet, brokoli, kubis,
jamur shiitake, jahe, ubi, terung, wortel, kembang kol
acar, kentang, bawang merah, bawang putih, bawang bombay, bayam, mentimun, labu, rebung,
sawi/bok coy,selada,
ganggang laut, lobak, seledri, jamur tiram,
talas, kacang kapri
alpukat, tomat, waluh, jagung, kecambah kacang hijau
Buah 3-5
ounce
atau 1 buah
harian 3-4 kali anggur, nanas, pepaya, pisang, semangka apel, mangga, melon,
sukun, jambu biji, jeruk,
pir, kurma, stroberi,
sagu, kurma, kismis
pare, kelapa, santan, delima, kesemek, belimbing
Minyak 1 sdm mingguan
5-7 kali
minyak zaitun minyak buah almon,
minyak biji rami, minyak biji kenari, minyak biji gandum
minyak jarak, minyak kelapa, minyak jagung,
minyak biji kapas, minyak safflower, minyak kacang
tanah, minyak wijen, minyak kedelai, minyak bunga matahari
Minuman teh hijau kopi, teh soda, minuman beralkohol
Bumbu
jahe asam jawa, pala, kunyit,
madu, panili, paprika,
cengkih, cuka,ragi, daun
salam, kemangi, jintan,
garam laut, cokelat,
kapulaga,bawang putih, peterseli, paprika, ketumbar,
kecap, MSG, tapioka, kayu manis
Keterangan : 
* 1 ounce = sekitar 28 gram.
Porsi yang disertakan disini adalah untuk perempuan Asia. Kalau untuk laki-laki beda lagi porsinya :D

Senin, 04 Februari 2013

Ditolak

Suatu ketika, ibu berpesan, "Hati-hati kalau nolak orang ya". Penolakan yang dimaksud ibu disini adalah dalam konteks cinta. Jadi, di sini saya ingin minta maaf. Untuk siapa saja, yang pernah saya tolak atau merasa saya tolak. I feel sorry.. really sorry.. untuk yang ditolak secara halus ataupun dengan cara 'kasar'. Saya minta maaf, benar - benar tidak bermaksud untuk menyakiti. Itu semua hanya trik untuk menjauhkan diri saja, tolong jangan dipikirkan :|
Bicara soal ditolak, atau cinta bertepuk sebelah tangan. Yes, I ever felt like that.  Sms dicuekin, dan sebagainya. Biasa aja lah ya. Nggak usah sampai merasa rendah diri atau orang yang nggak balas sms tersebut dianggap sombong.
Terima aja kalau patah hati, ikhlas ya.. this is a saying for me too. Emang sih nggak enak banget rasanya, kayak ada yang sakit, ada yang kurang. a few years before, I felt in love to someone. So deep.. deep.. deep inside. dan sakit. Kalau diteruskan saya benar-benar takut bakal jadi orang malang sehari-hari. sakit, kayak dicekik. Sangat menyebalkan, mungkin ini yang dinamakan cinta monyet. Nggak jelas. Cause I don't know what will happen to me next, if once again I know that you belong to another girl, I decided to move on.

Potongan terjemahan lagu bigbang which best suit me that day. Judulnya blue. Cuma bagian "we have withered" yang nggak pas. kita? no, no, no, only me.
The winter had passed
And the spring has come
We have withered
And our hearts are bruised from longing
(i’m singing my blues)
Used to the blue tears, blue sorrow
(i’m singing my blues)
The love that i have sent away with the floating clouds, oh oh
Under the same sky, at different places
Read more: http://www.kpoplyrics.net/big-bang-blue-lyrics-english-romanized.html#ixzz2JumdpNnN 
Follow us: @kpoplyrics_net on Twitter | kpoplyricsnet on Facebook



BIGBANG - BLUE



Kalau diperhatikan, ada yang unik di video ini. Ide ceritanya, berada di tempat yang sama tapi dalam waktu yang berbeda. Dan, melakukan hal yang serupa. Kayak misalnya di adegan lari di bawah ini. It's like trying to recall memories when they're together. (yang long distance relationship ngerti banget, hehe)


Lagi - lagi ngepos yang gag jelas.. habis ini tobat.. tobat.. hehe

Gambar sawah

Pemandangan di depan rumah mbah. Ada sawah dan ayam-ayam punya mbah. Rumah mbah ada di desa cepogo kabupaten jepara, sekitar 17 km dari rumah saya. Suasananya lebih asri dari tempat tinggal saya.


 Terasering terhampar luas, sayangnya kamera hp saya masih kurang jelas. Aslinya jauh lebih indah.


si ayam difoto malah lari, hehe

ayam dan anak - anaknya

unknown flower

si kucing bobo nyenyak banget.. kerikilnya anget-anget habis kena sun exposure

pulang-pulang dikasih mawar, senangnya. ayo tumbuh, berbunga yang banyak


Bunga mekar jam 9

Entah apa nama asli dari bunga ini.. cantik ya? this is a must have flower in my house someday 





Kamis, 31 Januari 2013

Pengembara, Pengikut, Peraih Prestasi, dan Pemimpin



anda seorang pengembara, pengikut , peraih prestasi, atau pemimpin? sebagai renungan di awal tahun, check this out! Dari apa yang biasa kita sampaikan ke orang lain, entah obrolan, update status, smsan, atau tweet, bisa dilihat kita termasuk orang yang seperti apa. Hal ini kemudian dapat dikaitkan dengan ada tidaknya visi dalam kehidupan kita. Kalau menurut bapak John C. Maxwell, ada 4 macam tipe orang :

  1. Pengembara, biasa mengatakan hal-hal negatif, mengeluh, dan menceritakan masa lalu. Orang seperti ini lebih suka mengerjakan hal-hal yang disukai saja, tanpa tujuan dan target yang jelas. 
  2. Pengikut, tidak punya visi, going where the wind blows :D ciri - cirinya adalah suka menceritakan hal - hal menarik yang ditemuinya saat itu, kejadian yg dialami dijalan, peristiwa yang ramai dibahas.
  3. Peraih Prestasi, suka menceritakan rencananya untuk masa depan. Orang tipe ini memiliki visi dan berusaha mengejarnya. 
  4. Pemimpin, memiliki visi, berusaha meraihnya, dan berusaha mengajak orang untuk meraih kesuksesan.
Entah seorang pengembara, pengikut, peraih prestasi, atau pemimpin, hal ini kita ketahui bukan untuk berkecil hati atau menjadi bangga, mari mengenal diri sendiri lebih dekat *^o^* sudah punya visi apa belum? Apa visi anda di tahun ini?

referensi :
Yunitia Aulianita, 2011, Tipekologi Visi.
buku ESQ

Rabu, 02 Januari 2013

Yuk hidup lebih sehat!


Baik laki-laki maupun perempuan pasti ingin punya kulit sehat
Kulit bebas jerawat dan komedo, cerah tanpa bekas jerawat, lembut dan kenyal.. Kira-kira kayak nona shin min ah gini lah ya.. bening

Untuk merawat kulit, kita butuh sabun untuk mandi. Shampo untuk kulit kepala dan rambut. Moisturizer dan body lotion untuk menjaga kelembaban kulit wajah dan badan. Bedak, biar mukanya kelihatan lebih halus dan glowy. Sunblock/Suncream untuk melindungi dari sinar matahari. Bagi yang berjerawat butuh obat jerawat. Pore pack buat angkat komedo. Scrub/lulur untuk mengangkat sel kulit mati (daki). Deodorant biar nggak BB. Kemudian kalau usia di atas 20an, sebaiknya rajin menggunakan masker. Banyak ya :D Investasi biar aweeeet cantiknya. Oh iya, selain perawatan dari luar, jangan lupa kalau kulit juga dipengaruhi faktor dari dalam tubuh. Konsumsi sayur dan buah-buahan, perlu minum yang cukup, kurangi gorengan dan tidur lebih awal :D

Saya mengaku minim pengetahuan mengenai produk skin care. Dalam memilih produk perawatan kulit, saya biasa menggunakan produk komersial yang ditawarkan di tv. Kriterianya yang penting nggak iritasi. Kalo lagi  selektif biasanya pilih yang ada label BPOM dan juga label halal. Apakah ini sudah cukup dijadikan patokan? bantu saya menjawab
Beberapa hari terakhir saya putuskan untuk cari tau tentang skin care. Baca sampe ngantuk2.. 
Ternyata banyak juga para ladies yang peduli tentang kesehatan kulit :D saya ketinggalan. Bisa dibaca di Forum Female Daily. Ada yang menghindari produk yang mengandung paraben, steroid, sodium laureth sulfate, hydroquinone, mineral oil, PEG-40 hydrogenated castor oil, zat carcinogenic (memicu kanker). Apakah itu semua? saya baru tau hehe. 

sedikit2 saya baca karakteristik produk skin care, seperti : jangan tertipu dengan kata-kata "natural" atau "pure", cek dulu ingredient nya bisa jadi mengandung bahan sintetik. Produk dengan label "natural" menggunakan bahan dari tumbuhan dan bisa jadi dari hewan. Kalo di blog ini dipaparkan juga kemungkinan produk skin care mengandung ari-ari hewan. Oh seram! Bahan-bahan produk skin care belum tentu dicantumkan semua karena ada yang bagian dari resep rahasia. Mitos tentang keamanan produk skin care dibahas di http://www.ewg.org/.

Browsing lagi nemu "Ingredients to avoid". Hmm habis itu saya cocokkan sama produk skin care saya. *mukyaaa.. kenapa semua mengandung bahan berbahaya. Cuma bedak tabur, sabun mandi ma sabun muka deh yang lolos. Nggak ngerti apakah ini cuma ketakutan yang berlebihan atau apa. 

Sebenarnya ada yang menarik disini. Hmm, kenapa harus bingung ya.. di negara Indonesia yang kaya sumber daya alam, bukankah banyak yang bisa dijadikan bahan untuk perawatan kulit? Dan menurut saya, kalo perawatan ke salon pakai bahan-bahan alami seperti minyak zaitun, bengkoang, lulur cokelat, itu lebih "Lux", dibandingkan dengan produk komersial biasa.

Pertanyaan selanjutnya, bisakah perawatan sendiri di rumah? Agak ribet sih dan hasilnya nggak instant. Tapi lebih aman dan efek jangka panjangnya lebih bagus. Lebih ekonomis juga kalo dibandingin sama produk impor/branded. 

Mungkin pengalaman orang-orang di Female Daily able to guide you :
Produk lokal kualitas international, only for lucky person, limited distribution
ZERO SYNTHETICS ZERO LIES FOR NATURAL LABELED AROMATHERAPY PRODUCTS
Produk-produk green mommy shop dijamin bebas pengharum sintetik, chemical free, halal, diracik dari tumbuhan organik yang ditanam sendiri dan tentunya ramah lingkungan. Ada sabun cacao, cinnamon 'n oat, cardamom (kapulaga), dll. Disediain juga minyak2 seperti sun flower oil, grapeseed oil, olive oil, castor oil, cacao butter oil, thieves oil, dll untuk body lotion, moisturizer, obat jerawat, antiseptik atau OCM-an

Kutipan dari blog GMS 
"Selama ribuan tahun, manusia di berbagai belahan bumi dengan kebudayaan, keahlian dan tradisi yang berbeda-beda telah menggunakan berbagai manfaat dari alam untuk kecantikan bahkan kesehatan" 
Let's back to nature dan hidup lebih sehat