Subscribe Twitter

Kamis, 31 Januari 2013

Pengembara, Pengikut, Peraih Prestasi, dan Pemimpin



anda seorang pengembara, pengikut , peraih prestasi, atau pemimpin? sebagai renungan di awal tahun, check this out! Dari apa yang biasa kita sampaikan ke orang lain, entah obrolan, update status, smsan, atau tweet, bisa dilihat kita termasuk orang yang seperti apa. Hal ini kemudian dapat dikaitkan dengan ada tidaknya visi dalam kehidupan kita. Kalau menurut bapak John C. Maxwell, ada 4 macam tipe orang :

  1. Pengembara, biasa mengatakan hal-hal negatif, mengeluh, dan menceritakan masa lalu. Orang seperti ini lebih suka mengerjakan hal-hal yang disukai saja, tanpa tujuan dan target yang jelas. 
  2. Pengikut, tidak punya visi, going where the wind blows :D ciri - cirinya adalah suka menceritakan hal - hal menarik yang ditemuinya saat itu, kejadian yg dialami dijalan, peristiwa yang ramai dibahas.
  3. Peraih Prestasi, suka menceritakan rencananya untuk masa depan. Orang tipe ini memiliki visi dan berusaha mengejarnya. 
  4. Pemimpin, memiliki visi, berusaha meraihnya, dan berusaha mengajak orang untuk meraih kesuksesan.
Entah seorang pengembara, pengikut, peraih prestasi, atau pemimpin, hal ini kita ketahui bukan untuk berkecil hati atau menjadi bangga, mari mengenal diri sendiri lebih dekat *^o^* sudah punya visi apa belum? Apa visi anda di tahun ini?

referensi :
Yunitia Aulianita, 2011, Tipekologi Visi.
buku ESQ

0 komentar:

Posting Komentar