Subscribe Twitter

Jumat, 02 November 2012

Dream Dream

Orang IT kalo lagi stress suka aneh - aneh.. Saya senyum - senyum sendiri mendengar cerita dosen saya di kelas. Beliau bercerita, temannya yang orang IT ikut les Boga Sari sampai bisa buat roti unyil yang lezaaat. Jangan salah ya, masak roti unyil itu ternyata bukan hal yang mudah. Kalo kata orang IT, algoritmanya kompleks. Lebih sulit daripada buat roti biasa. Pengalaman teman dari dosen saya ini sebelas dua belas dengan pengalaman saya waktu liburan semester kemarin.
Ya! Berawal dari pertanyaan sederhana. Saya suka apa sih? Kalo liat tmn2, ada yang tekun belajar beladiri, ada yang jago fotografi, ada yang suka travelling keliling jawa dan pulau-pulau lain, ada yang buka usaha, ada yang bisa nyanyi, dan lain sebagainya. Mulailah saya berpikir, "Saya bisanya apa sih?"

Kalo kata ibu saya, saya paling ok kalo pegang jarum dan benang. Dari jamannya main boneka barbie, saya dah bisa buat baju boneka pakai mesin jahit, hehehe.. Doing something else beside my field of study, why not?! Akhirnya saya putuskan liburan kali ini untuk les jahit. 

Ini baju pertama buatan saya.. modelnya simple banget kan?! hehehe.. nggak ada kerah, nggak pake kancing, atau restleting. Maklum baru belajar. Makasih Bu Zum :D (nama guru saya), saya udah diajarin. 


Ada hikmah yang saya ambil selama les jahit ini :
  1. Dengan belajar menjahit, saya jadi lebih appreciate terhadap baju. Sama halnya dengan waktu belajar seni ukir di SMP. Lihat ukir - ukiran jadi kelihatan lebih sparkling gitu, hehe. Jadi kagum, kenapa bisa halus kayunya, kenapa ukirnya bisa melengkung sempurna. Beda banget dengan hasil pekerjaan saya hehe.. Melihat dengan sudut pandang yang berbeda.
  2. Dapat baju baru. Nggak nyangka banget, ternyata semudah ini . Lebaran kemaren saya dapat baju baru 7 buah. Empat saya buat sendiri, tapi satu buah belum jadi (pending: TA). Sisanya dibeliin, kata ibu saya, nggak pa pa beli, buat di contoh modelnya. Hiks, selama ini mengenaskan, haha..Ternyata semudah ini minta baju ke orang tua saya hohoho.. Apalagi kisah si baju yang terakhir, ga usah minta dikasih. Waktu itu ada satu model baju yang menarik buat saya (ehm, you know lah perempuan gimana). Saya buat polanya, terus karena kain yang buat les dah habis ya udah deh liat liat lemari baju, siapa tau ada baju bekas yang bisa buat percobaan. Menurut saya ini 'cool'. Pengaruh dulu pernah baca cerita yang isinya si tokoh utama suka permak baju-baju ibunya jadi gaun, dll. Sayangnya, menurut ibu saya, oh nooooo anakku masak pakai baju gombal! Jadilah saya diajak ke toko kain lagi. Buat yang punya cita - cita bikin baju sendiri seperti saya ^ ^ Just do it!
  3. Harus bersyukur. Kalo biasanya mengeluh sana sini, capek coding, belajar IT susah. Di bidang apapun juga bakal capek. See! Buat bikin satu baju, dari mulai desain, buat pola, potong, terus jahit semuanya butuh ketekunan. Saya jadi merasa miris, kalo melihat kenyataan ada yang menghargai upah penjahit satu baju di bawah 50rb atau satu bulan cuma 800rb. Baca kisah ini di balik cerita Petersaysdenim. Sebelum mendirikan Petersaysdenim, beliau (Peter) sempat mengerjakan pesanan dengan upah satu baju cuma 10-20rb.
  4. Ketemu sodara, ini sih nggak usah di bahas. Ada temen les yang ternyata masih sodara, mbah buyut kami kakak adek..
 Sekian..

2 komentar:

Andriani Rubi mengatakan...

Salam blogger, folbek ya .. :)
http://biruhutan.blogspot.com/

tyaceria mengatakan...

Salam kenal.. ok sudah di follback :D

Posting Komentar